Roti - Salah satu pengganti makanan pokok yang berbahaya

Roti - Salah satu pengganti makanan pokok yang berbahaya bagi kesehatan tubuh anda, mengkonsumsi makanan ini secara rutin akan membuat anda bodoh.


informasi roti: salah satu pengganti makanan pokok yang berbahaya

Breaking bread
Roti terutama roti tawar putih sering dipandang sebagai makanan yang bersih dan sehat bagi kebanyakan orang, terlebih lagi di dunia barat. Namun pada kenyataannya pandangan tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar, bahkan dalam kondisi tertentu bisa menyebabkan kematian yang tak terduga.

Secara umum roti dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu roti tawar dan roti manis. Roti tawar dapat dibedakan lagi menjadi 2 jenis juga, yaitu roti putih (white bread) yang pada umumnya berbahan dasar tepung terigu dan roti gandum (whole wheat bread). Sedangkan roti manis sendiri dibedakan atas dasar bahan pengisinya, seperti roti isi. nanas, kelapa, daging sapi, daging ayam, coklat, keju, susu dan lain sebagainya.

Banyak dari ahli gizi dan kesehatan terkemuka yang menganjurkan kita agar tidak mengkonsumsi roti tawar putih secara rutin ataupun berlebihan, karena memang roti tawar putih tidak baik bagi kesehatan tubuh. Roti tawar putih pada umumnya hanya berbahan dasar tepung yang sifatnya sangat minim akan nutrisi bahkan tidak ada nutrisinya sama sekali. Komposisi roti tawar yang dianggap baik terdiri dari 57% tepung terigu, 36% air, 1,6% gula, 1,6% shortening (mentega), 1% tepung susu, 1% garam dapur, 0,8% ragi roti (yeast), 0,8% malt dan 0,2% garam mineral. Dengan melihat komposisi tersebut kita dapat menilai berapa banyak nilai nutrisi yang terkandung di dalam sebuah roti dan ternyata hal tersebut terbukti benar jika kita meninjaunya dari segi gizi maka roti adalah makanan yang sama sekali tidak mencukupi nilai angka kecukupan gizi sebagai pengganti makanan pokok lainnya seperti nasi, kentang, jagung, singkong dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kami mengingatkan anda semua agar sebaiknya anda segera mencari jenis makanan lain yang lebih sehat dan aman. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda harus menghindari roti:

Roti banyak mengandung protein jahat (gluten)

informasi roti: gluten pada roti yang sangat berbahaya
gluten pada roti
yang sangat berbahaya
Tepung sebagai bahan dasar pembuat roti tawar umumnya memiliki kandungan protein jahat atau gluten yang sangat tinggi. Jenis protein ini dapat menimbulkan berbagai macam gangguan pencernaan seperti sakit perut, sembelit, gas berlebih hingga diare. Selain itu, bahan-bahan dasar pembentuk roti pada umumnya sudah kehilangan nutrisi sejak ia diproses menjadi bentuk tepung, sehingga meskipun anda mengkonsumsi roti dalam jumlah yang banyak, anda hanya akan mendapatkan sedikit manfaat darinya, bahkan kenyataannya anda justru malah mendapatkan banyak kerugian jika mengkonsumsi roti secara rutin.

Satu dari setiap 133 orang penduduk di negara-negara barat menderita penyakit celiac karena mereka rutin dalam mengkonsumsi roti. Para peneliti dari University of Chicago Celiac Disease Center menyebutkan bahwa 97% dari mereka yang terjangkit penyakit Celiac tidak sadar bahwa diri mereka telah terjangkit oleh penyakit tersebut dan lebih parahnya penyakit tersebut tidak mudah terdiagnosis secara medis. Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa lebih dari 80% orang yang mereka uji memiliki sifat sensitif terhadap gluten atau protein jahat, namun mereka tidak sadar dan tetap menganggap roti adalah makanan yang baik bagi kesehatan sehingga mereka merasa tidak masalah untuk mengkonsumsinya secara rutin.

Roti memiliki kadar natrium (Na) yang sangat tinggi

informasi roti: natrium pada roti
natrium pada roti
Roti tawar putih adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi. Jika tubuh anda dipaksa untuk menyerap natrium dalam jumlah banyak secara terus-menerus maka anda sesungguhnya sedang meningkatkan resiko terkena serangan jantung secara mendadak. Kadar natrium yang berlebihan di dalam darah juga dapat memicu berbagai penyakit kronis lainnya seperti darah tinggi, ketegangan di saat pramenstruansi, edema (penumpukan cairan di jaringan tubuh) dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

Roti adalah makanan yang nilai nutrisinya mendekati nol

informasi roti: roti sangat rendah nutrisi
roti sangat
rendah nutrisi
Roti tawar juga ternyata tidak memiliki nutrisi apapun. Hal ini terjadi karena selama proses pembuatan, tepung terigu (ataupun bahan-bahan dasar lainnya) yang digunakan untuk membuat roti tawar telah kehilangan berbagai vitamin dan nutirisi alami yang terkandung di bahan-bahan dasar pembuatan roti tersebut seperti vitamin B, E, Zincum, asam folat dan lain sebagainya. Hilangnya nutrisi ini membuat roti tawar putih menjadi makanan yang sifatnya hanya mengenyangkan. Beberapa produsen roti kini telah berusaha untuk menambahkan berbagai vitamin dan nutrisi tersebut dengan menambahkan secara paksa menggunakan teknologi fortifikasi, namun ternyata hal tersebut merupakan usaha yang sia-sia karena ia akan larut begitu saja ketika adonan mulai diproses menjadi sebuah roti yang utuh.

Roti terlalu banyak mengandung fruktosa

informasi roti: fruktosa pada roti
fruktosa pada roti
Fruktosa adalah salah satu jenis gula yang juga banyak terdapat dalam berbagai jenis makanan olahan. Hampir semua jenis roti mempunyai kandungan gula fruktosa, namun ternyata roti tawar adalah jenis makanan yang mempunyai kandungan fruktosa paling tinggi diantara jenis makanan yang lainnya. Kandungan fruktosa ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia, terutama yang berkaitan dengan ginjal dan darah.

Roti dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes

informasi roti: pemicu penyakit diabetes
roti pemicu
penyakit ddiabetes
Zat amylum yang terkandung di dalam roti tawar putih akan masuk ke dalam tubuh kita dan dipecah oleh enzim pencernaan sehingga ia akan diubah oleh tubuh menjadi senyawa yang biasa kita kenal dengan sebutan glukosa. Senyawa ini dapat dengan cepat merasuk ke setiap pembuluh darah kita sehingga menyebabkan kadar gula darah melonjak secara tiba-tiba. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus, maka penyakit mematikan yang kita kenal dengan sebutan diabetes melitus tentu tidak dapat terelakkan lagi.

Roti adalah makanan yang kaya akan karbohidrat tetapi miskin akan serat

informasi roti: roti sangat miskin akan serat
roti sangat miskin serat
Kandungan karbohidrat dalam roti terbilang sangat tinggi, terlebih lagi jika roti tersebut adalah roti tawar putih. Makanan ini sangat berpotensi untuk mengakibatkan penyakit hiperkarbohidrat atau kelebihan karbohidrat dalam tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin maka ia berpotensi menyebabkan gangguan fungsi kognitif pada otak manusia, seperti menurunnya kecerdasan dan daya ingat, atau bahkan penyakit alzheimer yang sangat berbahaya. Selain itu, kandungan serat pada roti juga terbilang sangat sedikit, sehingga hal tersebut akan mengakibatkan tubuh anda mengalami berbagai gangguan pencernaan.

Beberapa pakar menyatakan bahwa memakan roti tawar tidak akan mengenyangkan. Menurut kami hal tersebut tidaklah benar, karena biar bagaimanapun roti adalah sebuah makanan yang memang harus dicerna oleh tubuh (melalui proses pencernaan). Roti tawar putih tetap bisa mengenyangkan perut anda, namun karena ia sangat miskin akan serat maka rasa kenyang yang anda dapatkan tidak akan bertahan lama. Artinya, anda akan kembali lapar dalam waktu yang relatif singkat setelah memakan roti, sehingga anda justru akan lebih banyak makan di waktu makan anda yang selanjutnya. Hal ini adalah salah satu faktor yang turut menghancurkan program diet anda.

Mengkonsumsi roti tawar pada saat diet juga adalah sebuah pilihan yang sangat fatal. Roti mengandung banyak sekali kalori yang justru berpotensi meningkatkan berat badan tubuh anda. Sehingga bagi anda yang sedang melaksanakan program diet atau tidak ingin berat badannya naik, kami sangat menganjurkan anda untuk berhenti mengkonsumsi roti sekarang juga. Minim serat dan kandungan gluten yang sangat tinggi membuat roti menjadi sangat sulit untuk dicerna. Selain itu juga, roti tidak mempunyai kandungan enzim yang bisa membantu memecah karbohidrat dan lemak agar mudah dicerna.

Zat-zat berbahaya yang pada umumnya terkandung pada roti

Tidak seperti pada era tahun 1950-an, untuk membuat sebuah roti yang benar-benar matang secara sempurna diperlukan waktu kurang lebih satu sampai dua hari. Namun dengan adanya kemajuan teknologi pangan yang ada sekarang ini ternyata membuat roti hanya membutuhkan waktu selama dua jam saja, dengan syarat ia harus diberi bread improver seperti Potassium Bromate, Calcium Propionate dan berbagai macam zat aditif berbahaya jenis lainnya. Yang jadi masalah adalah bahwa bahan-bahan tersebut ternyata sangat berbahaya bagi tubuh kita, berikut ini adalah beberapa zat umum yang sering digunakan oleh para produsen roti:

Potassium Bromate (KBrO3)

informasi roti: zat kimia KBrO3 pada roti yang sangat berbahaya
KBrO3
Zat aditif ini sangat berbahaya bagi tubuh anda karena ia bersifat Karsinogenik (bisa menimbulkan kanker). Potassium Bromate adalah bahan kimia yang paling sering digunakan dalam pembuatan roti. Beberapa negara seperti Inggris dan Kanada telah melarang penggunaan bahan tersebut setelah Environmental Protection Agency (EPA) dan International Agency for Research on Cancer (IARC) menggolongkan zat tersebut ke dalam golongan zat makanan yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

Sebuah penelitian yang dilakukan para profesor di negara Jepang yaitu Y. Kurokawa, A. Maekawa, M. Takahashi dan Y. Hayashi dari Division of Toxicology, National Institute of Hygienic Sciences (NIHS) di Tokyo telah menemukan bahwa Potassium Bromate (KBrO3) dapat menginduksi tumor sel ginjal, mesotelioma dari peritoneum, dan sel tumor follicular tiroid.

Potassium Bromate (KBrO3) sendiri sebenarnya digunakan oleh para pembuat roti untuk membunuh mikroorganisme yang ada pada roti (bahasa lainnya disebut juga dengan sebutan pengawet makanan). Sehingga dengan ditambahkannya zat tersebut, maka mikroorganisme tidak lagi dapat tumbuh pada roti tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama. Tentu saja hal itu terjadi secara demikian, karena tidak ada satupun makhluk hidup yang mau tumbuh dan berkembang biak di tempat yang beracun.

Calcium Propianate (C6H10CaO4)

informasi roti: zat kimia C6H10CaO4 pada roti yang sangat berbahaya
C6H10CaO4
Calcium Propianate sangat umum dicampurkan pada adonan roti agar roti tersebut terlihat lebih putih dan bersih sekaligus sebagai fungisida (pembunuh jamur). Hampir seluruh produsen roti di seluruh dunia menaruh calcium propionate dalam kadar yang sangat tinggi (tanpa takaran atau seenaknya saja) dengan alasan agar roti-roti buatan mereka lebih awet (bisa dijajakan di pasar lebih lama), putih (dianggap bersih oleh para awam sehingga menggairahkan untuk dibeli) dan tidak mudah terkena jamur, sehingga mereka bisa mengirit biaya produksi. Hebatnya lagi di negara Indonesia, kebanyakan dari para produsen roti justru memakai Calcium Propionate yang bukan untuk makanan (non food grade).

Yang patut dikhawatirkan adalah apabila anak-anak anda ikut mengkonsumsi roti yang mengandung bahan beracun ini karena Calcium Propionate dapat menyebabkan penyakit ADHD (Attention-deficit hyperactivity disorder) dan ADD (Attention-deficit hyperactivity disorder), gejala dari penyakit-penyakit tersebut bisa dilihat dengan mudah dimana seorang anak menjadi lebih sulit untuk berkonsentrasi serta selalu hiperaktif (sulit menenagkan diri).

Melihat berbagai kerugian diatas, kami menyimpulkan bahwa secara umum, roti adalah salah satu pilihan makanan yang buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat roti dirasa tidak sebanding dengan kerugian yang ditimbulkan olehnya. Anda sebaiknya mulai berhati-hati dan mengendalikan diri dalam mengkonsumsi roti demi menjaga kesehatan tubuh anda.




Anda menyukai artikel yang kami sajikan?
Tunjukkanlah rasa syukur dan terimakasih anda kepada Tuhan dan kami selaku pihak yang telah membantu mencerahkan anda dengan cara memberikan bantuan melalui salah satu cara di bawah ini:
  • Klik semua gambar/tulisan yang ada di kolom "► Informasi Sekilas Info" di bagian side bar & selesaikan autentifikasi-nya.
  • Melakukan donasi melalui Bitcoin ke alamat: 19aMiNgwDpwXovxAd9FQnxPDRcu8i1Zm6Vbisa di copy-paste!
  • Melakukan donasi melalui PayPal ke alamat: informaside@collector.orgbisa di copy-paste!
Tip us as a form of your gratitude!
Setiap bantuan yang anda berikan kepada kami sungguh sangat berharga bagi perkembangan dan keberlangsungan hidup kami! Jangan lupa untuk memberikan komentar, kritik ataupun saran yang sifatnya dapat "membangun" kami pada kolom komentar agar kami bisa melakukan evaluasi dan terus berkarya untuk menampilkan berbagai macam ilmu ataupun informasi penting lainnya yang sangat berharga bagi kehidupan anda semua!



Jangan lupa untuk mencentang reaksi anda setelah membaca artikel di atas sebelum berkomentar, terimakasih.

Comments