Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?

Anda perlu mengetahui kapan waktu mandi yang tepat, karena fakta ilmiah berbicara bahwa ada waktu-waktu mandi tertentu yang justru berbahaya !

Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?


Search guidelines (#en) / Pedoman pencarian (#id):

English (#en)
Title : Bath - A drink that will harm your body
Keywords search : Bath
Search description : Bath - You need to know when is the righteous time for a bath, because scientific facts speak that there are certain times of bath which is dangerous !

Indonesian (#id)
Judul : Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?
Kata kunci pencarian : Mandi
Deskripsi pencarian : Mandi - Anda perlu mengetahui kapan waktu mandi yang tepat, karena fakta ilmiah berbicara bahwa ada waktu-waktu mandi tertentu yang justru berbahaya !


Waktu mandi yang baik sangatlah penting untuk anda ketahui agar anda tidak terjebak didalam kebodohan yang berlarut-larut. Semua orang mengetahui fakta bahwa mandi itu baik bagi kesehatan tapi tidak semuanya mengetahui kapan saja waktu mandi yang tepat bagi dirinya. Mandi sejatinya adalah mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke badan atau merendam badan di dalam sungai, danau, telaga, laut, kolam, atau bak mandi. Manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu, dan sel-sel kulit yang sudah mati. Mandi sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap rapi, bersih dan wangi. Berikut ini adalah waktu-waktu mandi beserta penjelasan singkatnya yang akan diuraikan secara jelas :

1. Mandi subuh  / saat hari masih gelap sampai sebelum sinar matahari terlihat 


Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?
Waktu Subuh
Menurut penelitian yang dilakukan di Kairo, Mesir, fajar adalah waktu yang terbaik untuk melakukan aktivitas mandi. Semakin pagi kita mandi maka kandungan O3 yang terkandung didalam air semakin besar. Dan semakin besar kandungan O3 yang kita gunakan saat mandi maka akan semakin baik bagi tubuh, hal ini dikarenakan O3 memiliki kandungan partikel Alfa yang sangat kuat, dimana partikel ini dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mengurai zat asam yang ada pada tubuh. O3 yang dimaksud disini bukanlah lapisan ozon yang ada di atmosfir yang fungsinya untuk menahan sinar ultraviolet ke bumi.

Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?
O3 terbaik di air fajar
O3 dalam hal ini adalah sejenis gas yang sangat reaktif dan tidak stabil, dengan masa hidup yang sangat pendek (antara 20-30 menit) sebelum ia berubah kembali menjadi Oksigen/O2. Oleh karena O3 hanya bisa ditemukan pada waktu-waktu fajar / menjelang subuh, maka sebaiknya kita memanfaatkan kesempatan emas tersebut untuk menyehatkan tubuh kita ini.


Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?
Susunan Atom O3
O3 yang terdapat pada air di pagi hari akan terpecah menjadi O2 dan "O" atau atom oksigen tunggal, kita semua sudah mengetahui fakta bahwa O2 sudah tentu sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup sel-sel tubuh, sedangkan "O" atau atom Oksigen tunggal adalah sebuah ‘oxydizer’ berenergi tinggi yang dapat membakar berbagai zat mikroorganisme berbahaya yang menempel pada tubuh kita.

Itulah salah satu alasan mengapa orang tua dahulu meskipun hanya mandi di sungai menggunakan batu untuk menggosok tubuhnya, tetapi kulitnya selalu sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit kulit. Ya, karena mereka terbiasa mandi di pagi hari, meskipun mungkin beberapa dari mereka tidak mandi di saat fajar namun kandungan O3 pada saat itu masih terbilang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan saat ini, dimana air di saat sekarang sudah banyak tercemar oleh berbagai zat kimia yang berbahaya. Beberapa hasil penelitian ilmiah menyimpulkan bahwa sebaiknya seseorang selalu membiasakan diri untuk mandi dengan air dingin. 

Mandi subuh dapat memecut tubuh

Menurut DR. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan Rumah Sakit Medistra, mandi subuh secara medis akan merangsang sistem peredaran darah sehingga sistem syaraf tubuh kita menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau sebelum subuh memberikan efek yang sangat positif bagi tubuh karena ia dicambuk oleh temperatur yang rendah.

Mandi subuh sangat baik bagi kesehatan kulit dan kelamin

Dokter Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin dari klinik Nusantara di daerah kuningan menyebutkan bahwa dengan mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat. Diibaratkan membangunkan mesin yang awalnya pelan kemudian dinaikkan. Suhu tubuh akan dinaikkan hingga mencapai kestabilan. Jantung menjadi terpacu untuk bangun, dan kadar adrenalin adrenalin pun ikut meningkat, pembuluh darah jadi lebih melebar sehingga lancar untuk bergerak.

Ketika aliran darah dalam tubuh berjalan dengan baik setelah melakukan mandi subuh maka sirkulasi darah bersih pun akan mengalir dibawah permukaan kulit untuk menggantikan sel-sel yang sebelumnya telah mati, sehingga kulit pun akan tampak lebih berseri. Mandi subuh dengan air dingin menurutnya juga memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Dimana ia akan meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Akibatnya, kesuburan dan gairah seksual pun akan semakin meningkat.

Untuk mereka yang memiliki penyakit berat sebaiknya mandi dengan air bersuhu hangat (bukan panas) yang mendekati suhu tubuhnya yang sedang sakit, sehingga sistem penyesuaian atau adaptasi yang sedang lemah tidak dirangsang secara paksa.

Mandi subuh memperkuat sistem imunitas

Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Mandi dengan air dingin juga akan meningkatkan sel darah putih (leukosit) dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka kemampuan tubuh untuk melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya, tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

Mandi subuh mampu mengurangi resiko darah tinggi

Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy juga menyatakan bahwa mandi air dingin di waktu fajar akan menurunkan resiko timbulnya penyakit darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh. 

Mandi subuh memperbaiki kesehatan berbagai jaringan tubuh

Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap subuh sangat berdampak positif terutama pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi di waktu subuh dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah kelopak mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal. Ia juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak, air dingin di waktu subuh juga ikut menutupi lapisan kutikula pada rambut, sehingga mampu mengurangi resiko kerontokan. Rambut pun akan lebih terlindung dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.

Mandi subuh meredakan depresi

Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?
Samurai sedang misogi
Ritual mandi subuh dengan air dingin ternyata biasa dilakukan oleh para pejuang samurai di Jepang tempo dulu. Ritual ini biasa disebut dengan istilah "misogi" dalam bahasa Jepang. Kebiasaan ini bertujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat. Ritual ini masih tetap dilestarikan hingga saat ini dan biasanya diadakan di kuil Shinto Teppozu Inari di daerah pinggiran kota Tokyo. Menurut Yoshi Wada salah seorang pelestari ritual misogi di era modern ini, kebiasaan mandi saat fajar tidak hanya berpengaruh pada kejiwaan, namun kebiasaan mandi seperti ini juga memiliki efek relaksasi pada tubuh. Tubuh yang kelelahan akan menjadi lebih rileks sehingga pikiran pun menjadi lebih tenang. Ia juga menyarankan jika anda tidak bisa melakukan misogi langsung dari alam, maka anda bisa melakukannya dengan shower yang ada di kamar mandi anda, cukup kucurkan shower dengan volume debit air yang cukup keras bagi tubuh anda setiap subuh, tanpa sedikitpun campuran air panas agar efeknya bisa maksimal. Saat mandi subuh dengan shower, air dingin yang keluar dari pori-pori shower akan memijat kulit dan tubuh anda, dimana hal tersebut menimbulkan efek pijatan alami dari air yang membuat otot-otot tegang anda menjadi lemas. 

2. Mandi setelah waktu syuruq / warna sinar matahari sudah mulai terlihat

Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?
Waktu matahari terbit
Kebiasaan mandi setelah waktu syuruq adalah salah satu kebiasaan mandi yang baik, tetapi mandi di dalam waktu-waktu ini hanya bersifat membersihkan badan dan menyegarkan tubuh setelah bangun tidur saja. Meskipun setelah mandi rasa malas akan hilang dan badan terasa lebih sehat dan bersemangat, namun manfaat yang didapat sangatlah jauh berbeda apabila dibandingkan dengan mandi di waktu subuh.

Jika anda terbiasa mandi di waktu syuruq sebaiknya segeralah berpindah ke waktu subuh karena pada dasarnya anda bukanlah seseorang yang sulit untuk bangun di pagi hari. Mandi saat subuh / sebelum sinar matahari mulai terlihat adalah waktu mandi yang paling baik untuk kesehatan tubuh manusia.

3. Mandi siang / antara jam 10 pagi hingga jam 3 sore

Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?
Pemalas sulit mandi
Adalah mandi yang paling sering dilakukan oleh para pemalas dan orang-orang yang tidak memiliki pola hidup yang jelas. Hal ini biasanya disebabkan karena ia terbiasa tidur larut malam atau ia tidur normal namun bangunnya selalu kesiangan. Orang yang terbiasa mandi siang biasanya memiliki 1000 alasan untuk menutupi rasa malasnya tersebut.

Mandi siang sebetulnya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena ia bisa menyebabkan sakit kepala sebelah / migrain dan mendatangkan berbagai macam gangguan ringan lainnya pada sistem syaraf tubuh. 

Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?
Mandi siang / sore
Menurut salah seorang pakar ilmu metafisika yang fokus dalam bidang air dan tanah dari negri Tiongkok, Prof. DR. Lee Chengze menyatakan bahwa mandi siang sangatlah tidak dianjurkan karena hal tersebut justru melatih tubuh anda untuk tidak bereaksi lagi terhadap jam biologis alam, dimana seharusnya anda menyegarkan diri di waktu-waktu yang segar sesuai dengan kondisi kesegaran alam di pagi hari, namun anda justru menyegarkan diri di waktu yang panas. Energi negatif yang dihasilkan oleh terik matahari yang begitu besar dilawan paksa oleh energi positif yang hanya dihasilkan hanya dari air yang membasuh tubuh anda, sehingga hasilnya bisa ditebak, sudah tentu anda tidak bisa melawan energi dari alam yang begitu besar. Jika dijelaskan secara lebih rinci mungkin anda tidak akan mengerti namun pada prinsipnya jika (-) x (+) maka hasilnya adalah (-).

4. Mandi sore / antara jam 3 sore sampai matahari terbenam

Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?
Mandi bersama bayi
Selain sangat menyegarkan mandi di waktu ini juga ternyata membantu mempercepat pertumbuhan dan kembali melancarkan metabolisme tubuh. Sehingga bagi anda yang tidak terbiasa karena sibuk dengan berbagai alasan, sebaiknya anda menyempatkan diri untuk mandi di waktu-waktu ini. Anda bisa menunda pekerjaan anda untuk beristirahat dan mandi sejenak, agar tubuh menjadi lebih segar dan pikiran kembali prima. Mandi sore ini sebenarnya sangat dianjurkan untuk balita dan anak-anak karena akan sangat mendukung percepatan pertumbuhan tubuhnya. Bagi anda yang belum terbiasa, cobalah membiasakannya mulai dari sekarang karena ada beberapa hal merugikan yang anda dapatkan jika tidak disegerakan untuk mandi di sore hari, berikut adalah beberapa contohnya :

Kotoran dan kuman menempel lebih lama

Orang yang jarang mandi sore atau justru tidak mandi sama sekali maka tubuhnya akan sangat beresiko untuk dihinggapi oleh kuman-kuman dan berbagai jenis bakteri patogen lainnya. Setelah beraktivitas selama seharian (terutama di luar ruangan) tubuh kita sudah tentu akan kotor, lengket atau bahkan terasa gatal karena di kerumuni serangga kecil yang kasat mata. Jika mengabaikan mandi sore, tentu saja kuman dan bakteri-bakteri ini akan menempel semalaman penuh hingga keesokan harinya. Hal ini tentunya akan berdampak bagi kesehatan tubuh anda terutama pada kesehatan kulit.

Gatal-gatal dan susah tidur

Tubuh yang kotor dan penuh bakteri akan terasa gatal-gatal sehingga menyebabkan anda susah untuk tidur dimalam harinya. Bahkan jika anda terbangun dari tidur di malam harinya, biasanya badan anda akan terasa gerah lengket dan tidak nyaman sehingga sulit untuk tertidur kembali, hal ini bisa mengakibatkan kualitas tidur menjadi terganggu. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus, maka kuantitas dan kualitas tidur anda secara keseluruhan akan rusak dimana nantinya akan menimbulkan berbagai efek samping pada tubuh anda .

Rawan terserang penyakit

Jika anda jarang mandi, terserang penyakit bukanlah hal yang mengejutkan karena anda akan lebih gampang terserang penyakit ketimbang mereka yang lebih sering menjaga kebersihan mereka dengan mandi. Kuman-kuman yang bersarang pada tubuh sudah tentu menjadi gerbang masuknya berbagai penyakit kedalam tubuh anda apalagi bagi anda yang setelah beraktifitas selama seharian penuh dan tidak mandi di sore harinya. Ketika kekebalan tubuh menurun, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit melalui kuman-kuman yang terus berkembang biak di tubuh anda. Beberapa penyakit yang sering menjangkiti mereka yang malas mandi sore adalah gatal-gatal ringan (terutama di berbagai lipatan tubuh dan sendi), influenza, cacar air, dermatitis atopik seperti eksem, panu, kadas kurap dan lain sebagainya.

Lebih mudah stress dan depresi

Pekerjaan dan rutinitas keseharian dari pagi hingga sore hari sudah tentu akan membuat otot dan syaraf di tubuh anda tegang dan keras. Hal tersebut akan membuat tubuh terasa letih, lesu, keram, pusing dan lain sebagainya. Kondisi seperti inilah yang nantinya akan memicu berbagai gangguan psikologis seperti stress dan depresi berat. Untuk menghindari hal tersebut, anda memerlukan hal yang bisa membuat anda merasa lebih nyaman dan rileks, salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas mandi sore yang sejatinya sangat bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran, tubuh sekaligus menghilangkan ketegangan berlebih yang dihasilkan oleh otot dan pikiran anda. Berikanlah sedikit pijatan-pijatan lembut pada bagian betis, lengan, dan kepala untuk memberikan sansasi rileks pada syaraf-syaraf anda ketika melakukan mandi sore.

Bau badan berlebih karena keringat

Keringat yang timbul pada saat kita beraktifitas dari pagi hari hingga sore harinya sudah tentu akan menimbulkan bau badan yang menempel pada tubuh dan pakaian kita. Hal ini tidak perlu lagi dijelaskan secara rinci, yang pasti jika keringat ini tidak dibersihkan maka ia akan mengeras menjadi daki dan kotoran lainnya yang menjijikkan.

Kurang Semangat

Anda bisa membandingkan antara orang yang mandi sore dan tidak mandi sore. Anda akan melihat orang-orang yang rutin mandi sore akan terlihat lebih bersemangat dari pada mereka yang tidak mandi sore. Mengapa hal itu bisa terjadi ? Guyuran air saat mandi bersifat menyegarkan. Selain itu, air dan sabun mandi 99% mampu membunuh parasit yang dapat menggerogoti kesehatan dan membuat tubuh menjadi lesu. Sehingga tubuh lebih sehat dan tentunya lebih berenergi. Dengan energi yang baik, tentu saja anda akan lebih bersemangat meskipun waktu istirahat sudah dekat.

Menyetabilkan Suhu Tubuh

Pekerjaan di dalam ataupun diluar ruangan sangat mempengaruhi suhu tubuh anda, sudah tentu anda tidak akan selamanya berada di dalam ruangan ber AC ataupun sebaliknya yaitu berada di luar ruangan secara terus menerus. Hal inilah yang membuat suhu tubuh anda menjadi tidak stabil. Oleh sebab itu, perlu dilakukan suatu aktivitas yang dapat menetralkan suhu tubuh. Caranya adalah melakukan mandi sore. Dengan melakukan aktivitas mandi sore, suhu tubuh yang tinggi ataupun yang rendah perlahan-lahan akan mencapai suhu yang stabil secara bertahap. Hal yang perlu diingat adalah jangan pernah sekali-kali mengguyur air secara langsung ke seluruh tubuh anda jika anda baru saja terkena paparan sinar matahari langsung, hal tersebut akan membuat hawa panas didalam tubuh anda justru terperangkap dan bisa menyebabkan epilepsi ringan. Sebaiknya anda menunggu sekitar 10 sampai 15 menit terlebih dahulu sebelum mandi.


5. Mandi maghrib / setelah matahari terbenam hingga hari benar-benar gelap

Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?
Syaraf otonom
Berhati-hatilah jika anda terpaksa harus melakukan mandi di waktu-waktu ini, karena hal tersebut bisa merusak susunan syaraf halus dalam sistem syaraf otonom pada tubuh anda.

Usahakan sebisa mungkin untuk menghindari mandi setelah waktu maghrib jika memang tidak sedang dalam kondisi yang sangat terdesak. Berikut ini adalah beberapa hal buruk yang mungkin bisa menimpa anda setiap saat jika anda tetap memaksakan diri untuk melakukan mandi malam :

Paru-paru basah (bronkhitis)

Banyak orang yang menyepelekan hal yang satu ini, seseorang yang setiap harinya sibuk dan terpaksa harus mandi malam dalam jangka waktu yang panjang dan terus-menerus maka ia sangat beresiko 65% lebih tinggi terserang penyakit paru-paru basah dibandingkan orang yang tidak melakukan mandi malam.

Serangan asam urat dan nyeri pada persendian

Mandi - Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?
Bayi landak senang dimandikan
Mandi malam juga sangat beresiko untuk terkena serangan asam urat, hal tersebut disebabkan karena faktor dinginnya cuaca malam yang merasuki air sehingga suhu air menjadi lebih dingin dari biasanya. Air dingin tersebut akan memberikan efek "shock" terutama pada bagian persendian tubuh kita yang tidak siap beradaptasi dengan perubahan suhu yang begitu cepat dari air yang dialirkan pada tubuh kita.


Demikianlah serba-serbi waktu mandi yang tepat untuk semua kalangan, dengan mengetahui hal tersebut maka kita diharapkan mampu untuk menata diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Lalu apakah kebiasaan waktu mandi anda selama ini sudah tepat ataukah malah sebaliknya ? Silahkan berikan jawaban beserta komentar anda pada kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.




Anda menyukai artikel yang kami sajikan?
Tunjukkanlah rasa syukur dan terimakasih anda kepada Tuhan dan kami selaku pihak yang telah membantu mencerahkan anda dengan cara memberikan bantuan melalui salah satu cara di bawah ini:
  • Klik semua gambar/tulisan yang ada di kolom "► Informasi Sekilas Info" di bagian side bar & selesaikan autentifikasi-nya.
  • Melakukan donasi melalui Bitcoin ke alamat: 19aMiNgwDpwXovxAd9FQnxPDRcu8i1Zm6Vbisa di copy-paste!
  • Melakukan donasi melalui PayPal ke alamat: informaside@collector.orgbisa di copy-paste!
Tip us as a form of your gratitude!
Setiap bantuan yang anda berikan kepada kami sungguh sangat berharga bagi perkembangan dan keberlangsungan hidup kami! Jangan lupa untuk memberikan komentar, kritik ataupun saran yang sifatnya dapat "membangun" kami pada kolom komentar agar kami bisa melakukan evaluasi dan terus berkarya untuk menampilkan berbagai macam ilmu ataupun informasi penting lainnya yang sangat berharga bagi kehidupan anda semua!



Jangan lupa untuk mencentang reaksi anda setelah membaca artikel di atas sebelum berkomentar, terimakasih.

Comments